4 Kelompok Orang yang Rentan Terinfeksi Covid-19 Varian Baru

In Berita Umum 30 November 2022



FEDI - Masyarakat perlu tahu kelompok orang yang rentan terinfeksi Covid-19 varian baru XBB. Sebab, varian virus ini menyebar dengan cepat di masyarakat sejak penemuan kasus pertama yang diumumkan pada 22 Oktober 2022.

Bahkan, Kementerian Kesehatan menyebut penularan Covid-19 varian XBB yang menjadi 'biang kerok' peningkatan jumlah kasus harian di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Per Selasa (22/11/22), jumlah kasus harian Covid-19 bertambah 7.644 kasus, sehingga mencapai 6,62 juta kasus sejak penemuan pertama pada 2 Maret 2020.

Selain itu, menurut Kemenkes, Covid-19 varian XBB juga lebih mudah menular dibandingkan varian Omicron, meski tingkat keparahannya (fatalitas) tidak lebih para dari Omicron. Maka dari itu, penting untuk mengetahui siapa saja yang sekiranya lebih rentan terinfeksi varian virus ini agar bisa lebih waspada.

Berikut daftar orang yang rentan terinfeksi Covid-19 baru XBB.


1. Orang yang belum pernah terinfeksi Covid-19

Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Erlina Burhan mengatakan orang yang belum pernah terinfeksi Covid-19 sejak awal pandemi dimulai merupakan kelompok yang paling rentan tertular varian XBB.

Pernyataan ini didasari oleh analisa kasus penyebaran varian XBB di Singapura yang sempat melonjak tinggi dalam waktu cepat. Rupanya, banyak pasien Covid-19 varian XBB di Negeri Singa merupakan orang yang belum pernah terinfeksi Covid-19 sama sekali.

Kelompok ini disebut Covid Naive, meski ini masih perlu penelitian lebih lanjut untuk kasus penyebaran di Indonesia.

"Hati-hati (yang belum tertular) risiko menderita Covid-19 subvarian XBB ini lebih tinggi dibandingkan orang yang pernah Covid-19," ungkap Erlina.


2. Orang yang belum terima dosis lengkap vaksin Covid-19

Selain orang yang belum pernah terinfeksi Covid-19, kelompok orang yang rentan terinfeksi Covid-19 varian XBB adalah mereka yang belum menerima dosis lengkap vaksin Covid-19. Misalnya, baru pernah menerima satu dosis vaksin saja.

Memang, orang yang sudah pernah vaksin Covid-19 tetap mungkin tertular varian XBB, namun mereka yang belum mendapat dosis lengkap punya kerentanan yang lebih daripada yang sudah lengkap.

"Vaksinasinya harus dipenuhi," terang Erlina.


3. Orang yang belum pernah vaksin Covid-19

Tak hanya mereka yang belum lengkap menerima dosis lengkap vaksin Covid-19, orang yang belum pernah vaksin Covid-19 sama sekali juga rentan tertular varian XBB.

Bahkan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan orang yang belum pernah vaksin Covid-19 sama sekali memiliki risiko meninggal di gelombang penyebaran Covid-19 kali ini.

Maka dari itu, segeralah menghubungi tempat vaksin Covid-19 terdekat untuk mendapatkan dosis vaksin secara bertahap mulai dari yang pertama sampai akhir.


4. Orang lanjut usia dan komorbid

Kelompok lanjut usia (lansia) dan memiliki komorbid sebaiknya juga berhati-hati dengan varian XBB. Sebab, bukan cuma mudah tertular, tingkat keparahan setelah terinfeksi varian virus ini bisa meningkat jika sudah lansia dan punya komorbid.

Demikian daftar orang yang rentan terinfeksi Covid-19 varian baru XBB. Jika ada gejala Covid-19 yang dirasakan, sebaiknya segera melakukan tes antigen atau PCR agar mendapat penanganan lanjutan dalam waktu cepat.

Jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. (*)


(*Artikel sudah tayang di CNN Indonesia)

Comments (0)