Para Dokter Wajib Catat 'Kemenkes Buka Beasiswa Kedokteran dengan Kuota 2.500 di Tahun 2024', Ini Tujuannya!

In Berita Umum 3 April 2023

ForumDokter.id - Kementerian Kesehatan (kemenkes) membuka Beasiswa Kedokteran untuk pendidikan dokter baik dokter umum, dokter gigi maupun dokter spesialis.

Tidak tanggung-tanggung, ada 2.500 kuota Beasiswa Kedokteran yang akan disalurkan kemenkes pada tahun 2024 untuk kegiatan pendidikan dokter baik dokter umum, dokter gigi maupun dokter spesialis.

Tujuan dari penyaluran Beasiswa Kedokteran dari kemenkes ini tidak lain karena sampai saat ini distribusi tenaga kesehatan dokter baik dokter umum, dokter gigi maupun dokter spesialis di Indonesia belum meraya.

Tidak meratanya distribusi  tenaga kesehatan dokter  serta kurangnya angka produksi menyebabkan masyarakat terbatas untuk mendapatkan akses layanan kesehatan terhadap dokter.

Maka dari itu pemerintah menyediakan 2.500 kuota beasiswa untuk dokter dan tenaga kesehatan dalam maupun luar negeri di tahun 2024 mendatang.

Upaya tersebut berguna untuk mempercepat pemenuhan jumlah tenaga kesehatan khususnya dokter, dokter spesialis, dan fellowship di Indonesia yang nantinya dapat tersebar merata di penjuru tanah air.

Adapun berikut beberapa program beasiswa pendidikan yang diberikan oleh kemenkes diantaranya adalah :

1. Beasiswa dokter Spesialis-sub spesialis / dokter Gigi Spesialis mencapai 9.527 orang sejak tahun 2008.

2. Beasiswa Fellowship dokter Spesialis tahun 2023 dengan target 170 orang. Beasiswa ini diberikan untuk memenuhi pelayanan untuk kasus kanker, jantung, stroke, uro-nefrologi (KJSU).

Peserta dari beasiswa ini akan mendapatkan biaya penyelenggaraan fellowship, biaya hidup dan biaya operasional, biaya buku atau referensi sesuai SBM tahun berjalan.

3. Beasiswa untuk calon dokter dan dokter gigi tahun 2023 dengan target 800 orang.

Beasiswa afirmasi dokter atau dokter gigi diprioritaskan untuk daerah 3T, daerah bermasalah kesehatan, daerah prioritas yang masih kurang atau tidak ada dokter.

Peserta beasiswa ini akan mendapatkan biaya pendidikan, biaya hidup dan biaya operasional, biaya buku atau referensi sesuai SBM tahun berjalan, biaya penelitian sesuai dengan anggaran kemenkes.

4. Beasiswa pendidikan bagi SDM Kesehatan mencapai 15.619 orang sejak 2008.

Beasiswa ini diperuntukan meningkatkan kualifikasi bagi pegawai yang berstatus sebagai PNS.

5. Beasiswa program afirmasi pendidikan tinggi tenaga kesehatan (PADINAKES).

PADINAKES adalah pemberian bantuan biaya pendidikan bagi putra putri Indonesia diutamakan dari daerah 3T dan daerah bermasalah kesehatan, untuk memperoleh pendidikan tinggi di Poltekkes kemenkes.

Para penerima beasiswa ini melakukan pendayagunaan setelah menyelesaikan pendidikan yang telah dilaluinya.

Dengan adanya beasiswa ini, pemerintah ingin mempercepat produksi dokter dan dokter spesialis untuk mengatasi kekurangan dokter.(*)


Comments (0)