Kementerian Kesehatan Ungkap Dua Kasus Omicron Arcturus Teridentifikasi di DKI

In Berita Umum 17 April 2023

ForumDokter.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi dua kasus virus corona (Covid-19) subvarian Omicron XBB 1.16 alias Arcturus sudah teridentifikasi di Indonesia melalui pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut dua kasus baru tersebut ditemukan di DKI Jakarta dan sampelnya teridentifikasi pada pekan keempat Maret 2023.

"Ada dua kasus di DKI Jakarta dan sudah sembuh semua," kata Nadia saat dihubungi, Kamis (13/4/23).

Nadia mengatakan pasien berusia 33 dan 54 tahun itu sebelumnya mengalami gejala ringan dan isolasi mandiri. Pasien menurutnya mengeluhkan gejala pilek dan nyeri otot.

"Saat ini lagi menunggu hasil pemeriksaan kontak erat dari DKI Jakarta keduanya," kata dia.

Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia sebelumnya kembali menunjukkan tren peningkatan. Dalam sepekan misalnya, kenaikan kasus konfirmasi Covid-19 mencapai 45,74 persen, pun dengan kasus kematian Covid-19 yang dilaporan meningkat mencapai 44 persen.

Pemerintah juga melaporkan jumlah kasus konfirmasi Covid-19 melonjak menjadi 987 kasus per Rabu (12/4/2023). Kasus kematian Covid-19 sehari sebelumnya juga melonjak menjadi 14 kasus, jumlah itu merupakan penambahan kasus kematian tertinggi di Indonesia terhitung sejak 2 Januari 2023.

Sejumlah pihak menilai kenaikan ini terjadi imbas penularan subvarian Omicron XBB 1.16 alias Arcturus yang menjadi varian baru yang dikhawatirkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). (*)

(*Artikel sudah tayang di cnnindonesia.com)




Comments (0)